Mengenali Karakter Audiens Kita

Menyampaikan sebuah materi kepada banyak orang, baik itu di kelas, seminar, rapat, dan sebagainya membutuhkan ketrampilan tersendiri. Kita sebagai dosen (guru) dituntut lebih dari itu, selain harus menguasai materi dituntut jg juga harus mempunyai kemampuan verbal yang baik sehingga dapat menyampikan informasi dengan baik kepada siswa.

Salah satu kompetensi guru, adalah harus bisa melakukan usaha untuk memperbaiki keberhasilan pembelajaran. Untuk bisa melakukan itu, maka hal yang paling penting adalah mengidentifikasi persoalan. Nah, dalam komik berikut ini membantu kita mengenali permasalahan yang mungkin timbul oleh audiens.

Perhatikan baik-baik gambar di atas. Gambar sebelah kanan adalah estimasi seberapa sesorang dalam kelas itu memperhatikan dan seberapa ngantuk kah dia, diperkiran berdasarkan jarak orang tersebut terhadap guru (dosen).

Hati-hati dengan orang yang duduknya di dekat pintu, kemungkinan bsar dia memang berharap bisa ‘colut‘ lebih dulu. Orang yg suka duduk di baris paling belakang, tidak sepenuh hati pengin belajar. Kalo bisa penginnya disambil mengerjakan hal lain, bahkan kalo bisa sambil ngerokok !  Ckckck ..

Ada juga yg main aman,…  duduk di sekitar baris tengah, harapannya tdk diperhatikan dosen …  pengin memperhatikan juga, tapi kalo ‘meleng‘ juga masih bisa. kalo dosen tanya, bukan dia yang kena. Kalo ngantuk, tidak ketahuan …  hehehe ..  pokoknya penginnya aman dech ..

Nah…  beri penghargaan kepada yg suka duduk paling depan! Dia orang yang paling sepenuh hati belajar.

Maaf ya .. ini sih menurut pengalaman saya ketika masih mahasiswa dulu …  hehehehe !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*