Webometrices Update 2009, Loncatan Besar Buat UNS!!!

Ruarr biasa! sungguh prestasi yang sangat membanggakan. Loncatan yang luar biasa telah kita lakukan bersama. Memperbaiki ranking dari 4681 pada pertengahan 2008 menjadi 2169 pada update terakhir Januari 2009 bukanlah hal mudah, bahkan oleh perguruan tinggi kelas dunia yang manapun! Sayang seribu sayang .. berita ini udah diangkat duluan oleh Mas Wawan sehingga saya gagal pertamax sebagai pengangkat berita .. (maaf,..  kali ini Narsis mode OFF)  🙁

Silakan buka halaman webometrics ini, kini kita bertengger di urutan 2159 dunia. Ranking itu memposisikan kita pada peringkat  10 Universitas terbaik di Indonesia. Dan pasti anda semua tahu, ini adalah prestasi luar biasa yang baru kali pertama UNS berhasil mendapatkannya. Berikut ini adalah skrinsut peringkat webometrics yang dimaksu:

Rekan-rekan sekalian, ini adalah prestasi kita semua. Buah pekerjaan anda semua. Dan ini bukan sesuatu kebetulan karena sejak beberapa bulan lalu, diskusi mengenai peringkat webometrics UNS sudah sangat banyak diperbincangkan. Saya lupa pada postingan yang mana, tapi jika anda berkunjung ke blog Pak Wawan, Pak Tanto, anda akan tahu kalo ini memang sesuatu yang diusahakan.

Meskipun dekimian, jangan berbesar hati dulu. Mari kita maknai ini sebagai modal besar dalam hal selling value yang sangat baik, hal ini mengandung maka advertisement yang angat tinggi karena dengan sendirinya UNS akan menjadi pusat perhatian seluruh universitas di Indonesia. UNS akan menjadi most discussed univesity dalam beberapa hari ke depan. Bahkan, Romisatriawahono pun mungkin akan kita paksa untuk menyebut nama UNS dalam tulisan-tulisannya  😀  (narsis mod ON lagi. ) Bagaimana tidak salah satu perguruan tinggi yang dulu dia bilang melejit pun kini kita lampaui .. 😀

Sungguh,..  tak pernah menyangka, peringkat webometics yg begitu dijadikan acuan oleh banyak orang, menempatkan kita dalam 10 besar. Suatu kehormatan yang luar biasa ketika melihat daftar itu, UNS berada di atas Unair, Unpad, Binus, USU, Undip, Unhas, dan sekian banyak perguruan tinggi yang lain.

Bapak Ibu semua yang saya hormati, ini hanya bagian dari sebuah proses ..  ini bukan ukuran yang sesungguhnya. Tak perlu terpaku dan jangan berbangga hati hanya sampai di sini. Dan jika anda ingin berkontribusi dalam bagian kerja besar ini, silakan segera bergabung dengan berbagai layana web gratis di UNS ini. Anda bisa pergunakan staff.uns.ac.id, atau untuk yang dari FKIP anda bisa pergunakan staff.fkip.uns.ac.id dan mulailah berkarya. Tunjukkan dirimu! tunjukkan bahwa komunitas perguruan tinggi adalah komunitas yang mampu berbagi ilmu dan memberi pencerahan kepada masyarakat luas! Tunjukkan bahwa dosen adalah manusia dengan kamampuan keilmuan, verbal, dan juga tulisan yang memadai. Publish!

Saya pikir, dalam hal size dan visibility kita sudah cukup baik. Hanya saja, peringkat scholar sepertinya harus segera kita perbaiki. Dalam hal itu, kita masih di peringkat 4.099. Nah,..  setelah berbagai layanan blog, perbaikan web profil universitas, fakultas, jurusan, dan prodi. Saatnya kini kita melirik scholar,..  perbanyak muatan jurnal ilmial di kampus UNS.

Sekedar usulan,…  selama ini kita sudah punya layanan yang tidak popular UNS Electronic Journal. Saatnya kita push konten ini. Betapa indahnya jikalau Universitas berkebijakan untuk memberikan insentif untuk dosen yang memasukkan jurnalnya di sini,.. wah,..  pasti laris manis tuh Pak Rektor ! ….  dan saya pikir nggak usah banyak-banyak …  10jt per jurnal udah cukup kok !

Pletok  !!!  Kabuuurrr !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*