Blogger UNS, Hati-Hati dengan Spam Comment!

Luar biasa, …  saya melihat antusiasme kawan-kawan UNS’ers untuk mempergunakan layanan free blogging UNS sungguh luar biasa. Paling tidak, itu terlihat dari banyaknya para pendaftar baru yang bisa dilihat di halaman depan blog staff UNS. Memang, masih banyak blog-blog yang nampak hanya sebagai rumah suwong, namun banyak juga blog yang kaya ilmu seperti blog pak tunggul, mas wawan, pak tanto, dsb. Dan yang baru saja lahir dan saya yakin bakalan menjadi blog yg rame, mas kurnia. Sementara blog saya, meskipun banyak postingan, ternyata penuh dengan tulisan nggak penting tanpa muatan.

Rekan-rekan sekalian, seiring dengan ramainya blog UNS yang kita cintai ini, maka akan semakin tinggi daya tawar kita. Bukan meningkatnya kredibilitas, tetap dari tinjauan internet marketing maka kita akan mempunyai potensi yg sangat besar. Apakah itu?

  1. Domain .ac.id, domain pendidikan. Domain pendidikan merupakan domain yg mendapat prioritas search engine dalam pemberian PR (page rank). Domain pendidikan (termasuk di dalamnya .ac, .edu) mempunyai kredibilitas yg besar dalam SE (search engine).
  2. Format Blog, dimana setiap pengunjung bebas memberikan komentar dengan mengisikan form URL. URL ini akan hidup dan memberikan link back kepada URL pemberi comment. Nah, ini yang menjadi incaran banyak orang, terutama para netter/blogger yang berorientasi bisnis. Mengapa? mereka berharap akan mendapatkan link back yang berkualitas sehingga akan mendongkrak PR mereka.

Sebagai contoh, berikut ini adalah sejumlah comment yang ditinggalkan di admin panel saya:

Itu bukan kali pertama, kemarin-kemarin saya sudah menghapus beberapa comment semacam itu. Pada dasarnya, ini hak anda untuk menerima atau menolak comment tersebut. Tapi, karena muatannya tidak ada hubungan dengan isi postingan, apa selayaknya comment semacam ini dibiarkan ?!  SAY NO TO SPAM COMMENT !

Percaya atau tidak, setiap hari banyak orang yang berburu blog-blog kampus yg membiarkan form comment terbuka (apalagai yg dengan atribut DO FOLLOW) untuk melakukan hal-hal semacam ini. Jika tidak hati-hati, blog anda akan menjadi keranjang sampah!

CMIIW !

11 thoughts on “Blogger UNS, Hati-Hati dengan Spam Comment!”

  1. Maju terus pak, yuk sama-sama menjaga blog ini demi kemajuan bersama terutama UNS. ini juga pengalaman sebelom pendaftaran kita approvement, sebenarnya kita open bebas, ternyata yang ngedaftar antara yang benar-benar daftar dan yang spam, lebih banyak spamnya padahal belom kita publish gile bener tuh spammer dapat dari mana nih alamat..
    untuk selanjutnya kita tambah fasilitas-fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan blog ini. Sebentar lagi juga ada sosialisasi ke semua dosen dan staff uns tentang blog ini. kita tunggu saran-sarannya ya pak y2n demi kemajuan bersama, thank

  2. Oh,.. gitu yo Mas ya !

    Wah kalo begitu emang harus diterima manual ya … drpd nanti banyak member spam. Tapi, kalo sekedar membatasi supaya pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh member dengan emal belakang .uns.ac.id, itu bisa kan Mas Wawan?! Jadi paling tidak kta bisa membatasai bahwa pendaftar adalah warga UNS.

  3. iya, all comment must have one approved itu aja.
    saya selalu menyimak tulisan-tulisan pak y2n yang bermuatan lho. masih perlu banyak belajar dari bapak. saya rasakan gaya bahasa bapak, mudah dicerna. Mumkin karena sudah lulus sertifikasi dosen 2.0 apa ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*