SEO Kampus !

Seneng,.. akhirnya banyak temen bloger di UNS ini. Terima kasih buat temen-temen yang sudah silaturahmi kemari, membaca dan meninggalkan komentar di sini. Dengan adanya global dashboard staff.uns.ac.id, memang akan sangat membantu publikasi blog kita, karena setiap ada postingan baru pasti nanti nama blog kita akan muncul di situ. Dan tentunya akan diikuti dengan dibukanya web kita oleh pengunjung.

Sebelum ini, saya hanya mengenal beberapa gelintir orang saja yang bisa saya kenali sebagai bloger asal UNS. Mas Arief salah satunya, meskipun sudah dengan status alumni. Dia juga kadang masih datang silaturahmi ke sini. Selebihnya, saya hanya kenal beberapa gelintir blog mahasiswa UNS seperti Wahyu, Joko, Kazemaru (nggak tahu dimana sekarang?). Rekan dosen kedokteran Pak Tonang, dulu juga aktif sekali ngeblog dengan domain pribadinya, sekarang nggak tahu blognya ada dimana. Soalnya domainnya yang dulu hilang karena tidak sempat ngurus waktu menyelesaikan studi.

Dengan adanya layanan blog gratis di staff.uns.ac.id dan staff.fkip.uns.ac.id, saya yakin jumlah halaman yang ada di dalam domain uns.ac.id akan semakin buanyak. So what ???

Sekali lagi, salah satu aspek perangkingan universitas berdasar webometices adalah visibility. Aspek ini sangat ditentukan oleh jumlah halaman yg diindex search engine dan jumlah traffic dari dalam kampus. Makanya Mas Wawan membuat analisis berdasarkan alexa rank. Saya belum sempat membuat analisis, hanya saja kalo rekan-rekan pengin mengetahui perbandingan jumlah halaman yang ada dalam setiap kampus, silakan pergunakan operator ini dalam jendela Google:

site:uns.ac.id untuk UNS
site:ugm.ac.id untuk UGM
site:ui.ac.id untuk UI

dan sebagainya … kemudian perhatuikan jumlah halaman yang teridex oleh Google. Bandingkan hasilnya untuk ITB, UGM, UI, UNS dan seterusnya … kemudian lihat dengan peringkat masing-masing di webometrices. Salah satunya, dari situlah akan ketahuan kenapa kita masih kalah dibandingkan dengan perguruan tiggi – perguruan tiggi tersebut.

Nah,.. ada salah satu cara untuk membuat popularitas web/blog dalam kampus kita semkain visible dimata search engine. Coba kalau membuat posting senantiasa membuat ‘link’ dalam postingan kita yang menunjuk kepada halaman yang bersangkutan. Dengan teknik semacam ini, web-web kampus akan maju semuanya. Itulah sebabnya, kenapa saya kalo menyebut FKIP (misalnya) akan menuliskannya dengan FKIP (dengan link hidup) karena itu akan meningkatkan popularitas web FKIP di mata search engine.

Kemudian,

Jangan lupa, jangan hanya datang ke blog temen anda, tapi tinggalkan juga commentar di situ dan cantumkan URL blog anda. Ini akan memberikan link back kepada blog anda (yang notabene ada dalam kampus). Dengan demikian popularitas blog anda akan semakin baik. Harapannya, PR (Page Rank) blog anda akan semakin baik

Hubungannya dengan webometrices ???

Page Rank yang baik akan meningkatkan SERP (searnh engine ranking position) kita. Itu artinya, semakin besar kemungkinan hasil pencarian akan ditempatkan pada posisi paling atas pada pencarian di search engine, posisi yang paling besar kemungkinannya dibuka oleh pencari informasi. Artinya? ya .. visibility kita akan semakin baik, alexa rank akan semakin baik (kecil). Ujung-ujungnya, ya … webometrices position yang lebih baik.

Hubungannya dengan Duit ?

HALAH !!! itu yang selalu ditanya temen-temen, dan saya malas menjawabnya. Kawan,.. harga blog anda berbanding lurus dengan daya tawar blog anda. Sepeti apakah daya tawar sebuah blog? Singkatnya: PR (Google Page Rank) dan alexa rank (yg melambangkan jumlah pengunjung anda). Nah,.. kembali ke situ lagi khan … Kalo blog anda punya dua-duanya, maka jalan menduitkan blig sudah di depan mata ..

TAPI!!! terserah anda mo dilanjut apa ndak! Soalnya,.. emmmhhh .. hehe .. too long to be talked! Nanti aja saya bahas pada sesi khusus ya ! 😀

Makanya,.. Stay Tune !!! 😀

9 thoughts on “SEO Kampus !

  1. yui..dui.. tahapan selanjutnya adalah sosialisasi pak, sekarang baru tahap gerilya.. yang ngedaftar baru talk by talk ya bisa dibilang kabar burung :P.. hahaha, setelah itu sosialisasi gerakan nge_blog untuk dosen dan staff di uns. Semoga banyak dosen dan staff yang antusias, bersamaan dengan itu juga sedang membentuk komunitas blogger universitas sebelas maret.

  2. Tetapi Alexa rank sepanjang pengatahuan saya tergantung dengan alexa rank domain utamanya. Misal alexa rank http://www.uns.ac.id dan y2n.staff.uns.ac.id sama saja kok. 😀

    Tetapi ada yang berbeda, misalnya wordpress.com. Blog yang hosted di sana mempunyai alexa rank yang berbeda-beda.

    Menurut saya, perlu dipasang statistik pihak ketiga yang realtime online, misalnya sitemeter.com. Lumayan tuh.

    IMHO perlu jg dibuat TOS untuk layanan blog di UNS. Apakah boleh dimonetize atau tidak, kebijakan tentang content, dsb..
    😉

    Thanks for the backlink 😉

  3. Profile photo of y2n

    Oh gitu ya Mas Arief? Kok bisa ya, perlakukan terhadap domain domain tertentu begitu! Tapi any way, kalo begitu traffic terhadap subdomain-subdomain menurut saya akan dianggap sebagai domain utama (uns.ac.id). Soalnya kalo nggak, mana mungkin ada traffic buat domain utama uns.ac.id yg update content-nya hanya kalo pas ada lowongan PNS itu? Jadi, alexa rank uns.ac.id itu adalah hasil gotong royongnya semua halaman yang ada di bawah uns.ac.id. CMIIW!

    BTW, sekali lagi mengenai monetize nanti kita bahas saja pada topik khusus. Seperti yg sudah saya bilang di kalimat terakhir. Untuk pendekatan2 awal, sepertinya saya lebih senang untuk bergerilya dulu kepada temen2 yg berkompeten. Soalnya apa,.. TOS tentulah universitas yg berhak mengatur. Tapi pelaksana layanan kan admin, lebih berkuasa untuk memberikan plugib dsb. Dan tentunya, pihak universitas (bpk-bpk yg terlibat dalam pengambilan keputusan) tidak mengerti itu monetisasi blog. So,.. kapan-kapan nanti saya gerilya lagi ke tempat sampeyan ya Mas Wawan? Nanti speak2 dari ahti ke hati .. adeuuhhhhh !! 😀

  4. Profile photo of y2n

    TAMBAHAN TAMBAHAN TAMBAHAN

    Selama ini, temen-temen memaksa saya untuk ‘Nunjukin Rekening’ penghasilan online saya (istilah temen2) untuk mendorong ketertarikan newbi-newbi (baik dosen maupun mahasiswa) dengan aktifitas bloging. Tapi saya selalu menolak. Karena saya tidak pengin gejala bloging dalam kampus itu nanti jadi ajang belajar bisnis online sehingga lupa dengan fungsi utamanya untuk meningkatkan kondisi akademik. Kalo lah memang ada nanti dr dosen ato mahasiswa yg belajar bisnis online biarlah gejala itu ngalir sendiri … tumbuh dengan sendirinya! Itu yang saya lihat di UGM.

  5. Hehehe..
    Oke deh.. selesai masalah monetize..
    Mungkin itu ya yang berlaku di domain UNS. Setuju dah. Bahwa alexa-nya tergantung pada subdomain lainnya 😉 Kecuali yang tidak pake domain UNS…

    Perlu tuh sekali-kali ditunjukin. Bahwa menulis di Internet juga bisa menghasilkan uang.. dalam dolar pula. Jadinya kalau dosen mau nulis di blog atau di media online, bukan melulu karena kredit (emang nulis di online media bisa jadi kredit?).. tapi bisa berbuah dollar 😀

    Tapi.. tidak ada yang instan lho..

  6. Profile photo of y2n

    Itu yang saya pengin saya ulas lebih mendalam Mas Arief,.. Isnyaa Alloh dalam dua-tiga hari ini.

    Untuk apakah blog bagi dosen ??? Tunggu dulu ya .. !

    Keep Tune!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*