Pemadaman Listrik yang Menyebalkan!

Duuuhh,..  gemes!  Sebenarnya saya bingung musti bersikap bagaimana. Sebagai orang teknik yang tahu itung-itungan teknis, saya bisa menerima kebijakan PLN untuk menerapkan kebijakan pemadaman bergilir. Tapi, tolong dibantu, beri saya masukan saya musti harus bagaimana ketika perkuliahan saya macet gara-gara pemadaman bergilir.

Mata kuliah yang saya maksud adalah CAD, yang isinya adalah praktek menggambar teknik dengan software CAD. Mau tidak mau perkuliahan dilakukan dengan tutoring di Lab Komputer. Untuk setiap kelompok, terpaksa sekali banyak yang harus semeja berdua. Ini karena banyaknya komputer usang yang jurusan kami belum mampu meng-upgrade! Rupanya, permasalahan bukan hanya berhenti dengan kurangnya kompi di lab, tapi lebih parah lagi yaitu masalah dengan pasokan listrik yang selama ini masih bergantung pada pasokan PLN.

Karena agenda (dosen dan mahasiswa juga) saat lebaran, terpaksa ada utang kuliah yang sedianya akan di-sahur sehabis lebaran ini. Namun apa daya, pada saat jadwal kuliah listrik mati! kena pemadaman bergilir. Sama2 jutek (dosen n mahasiswa juga), akhirnya kami sepakat nambah kuliah JUm’at. Itu satu-satunya hari yang bisa macth anatara saya dengan mahasiswa. Hari yang ditentukan, listrik di gedung lab gangguan karena ada kabel putus karena malam sebelumnya hujan angin.

Well,..  akhirnya Selasa baru bisa kuliah. Dua kali sekaligus,…  ngejar ketinggalan. Next, janjian Selasa depannya kuliah dua kali lagi,..  nggak ada hari lain yg bisa match antara dosen and mahasiswa. Selasa berikutnya, waktu yg disepakati, Listrik mati lagi. PEMADAMAN!  DAMN ! ..  kali ini gw bener-bener sebel. Sepertinya ini udah kali ketiga kuiahku ketabrak pemadaman bergilir! Sementara minggu depannya udah jadwal UTS!  Yah,..  mending diselehke wae .. udah dech .. UTS sampai dengan materi yg udah diberikan. Saya nggak berani-berani lagi nentuin jadual kuliah tambahan. Selain udah nggak ada lagi waktu yang macth, saya bener udah nggak bisa merasa aman bahwa nantinya ada jaminan bahwa listrik ngalir!

Kawan,…  ada yang bisa kasih saya solusi? Kini saya sedang berpikir supaya perkuliahan bisa berjalan mandiri. Meski saya tahu persis hanya segelintir mahasiswa saya yng punya komputer .. 🙁

4 thoughts on “Pemadaman Listrik yang Menyebalkan!”

  1. Pasang GENSET dong..

    Tapi nanti ada masalah lagi: yang ngrawat siapa? Kalau ada, yang bayar siapa? Yang ngisi bensin/solar siapa? Duitnya darimana?

    Tapi sebelum pertanyaan itu muncul.. GENSET beli pake duit darimana 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*