Terlalu Cepat Keluar

Lagi leyeh-leyeh siang ini di depan kipas angin dengan anak-anak, Pak Rosi SMS memberi tahu kalo hari ini baru saja ada update Page Rank. Ah Mak …  Some thing bad may be coming !  Karena belum lama ini baru saja ada update page rank, sekitar dua bulan lalu. Dan saya masih dalam tahap pasang kuda-kuda untuk mempersiapkan penyambutan ritual Om Goog ini. Pengumuman ini terlalu cepat keluar,…  😀  aku berharap dua bulan ke depan baru ke luar. Mungkin memang perlu tambahan Cialis untuk menahan keluar dua bulan lagi ..  Ups!  Ngomong apaan sih .. 😀

Dan hasilnya ???

  • Satu blog PR3 di blogspot, terpaksa menjadi korban harus turun di PR2. Wajar, soalnya bog ini emang saya korbankan habis2an untuk memberikan back link kepada sejumlah blog baru, termasuk blog ini.
  • Alhamdulillah, otocontest.com tetap berada pada PR3.
  • Sebuah situs beasiswa cemen-cemenan, justru naik dari PR2 menjadi PR 3.
  • Sebuah blog pribadi di wordpress, tetep di PR3.
  • Percobaan keampuhan wordpress.com sejauh juga ternyata benar. Hanya berisi kurang dr 10 artikel yg gw copy paste dari direktori artikel, sekarang dapet hadiah PR2.
  • Sebuah blog percobaan lucu-lucuan, dapet PR2.
  • Blog ini, akhirnya harus puas dengan PR2, wajar…  dlm proses pengembangan. Lumayan juga, bisa mengealahkan domain utama staff.uns.ac.id (PR0)
  • Beberapa blog lain masih males ngetrace …  udah delu dech ..

Bagaimana dengan rekan2 semua ???  Silakan cek, misalnya di sini:  http://pr.blogflux.com. Semoga pada menuai kesuksesan..

Lebaran dulu ah …

Curhat Mudik (2): Dicuekin Artika …

Bener dugaan saya, hari itu harus keleletan di depan loket cek in Mandala. Sri Wijaya dr Solo udah landing jam 8nan … nyantai2 dikit di luar sambil beli RotiBoy buat keluarga. Jalan dikit karena Sri Wijaya di terminal B sementara Mandala di terminal C. Jam 9 udah di ruang cek in .. masih ditolak ama petugas Mandala, 2 jam sebelum pemberangkatan katanya. Busyet dech .. jadual berangkat jam 4! .. 🙁

Untuk ada temen ngobrol dengan nasip serupa, kebetulan dosen juga. Dosen yang kelayapan ngerjain project conculting, dari Unlam dan UNDIP. Mayanlah .. bisa ngobrol ngalor ngidul dua jaman … Dan akhirnya, jam setenga satu udah diijinin cek in setelah nyoba nawar-nawar .. 😀

Jam 3.20 tet, panggilan boarding. Sebelumnya, seorang gadis cuantik yg jelas-jelas bukan cewek biasa melintas dalam kawalan. Bukan juga pramugari,… karena pramugari tadi udah lewat duluan bareng pilot n copilot. Cewek cantik, rambut panjang, kaki panjang dengan rok sedikit di atas lutut. Anjrit,… bareng Artika Man … Ya artika yang itu,.. mantan putri Indonesia. Dia kan aseli Babel. Bini si Baim! Tanpa dikomando, pas masuk kebetulan gw dapet lewat depan karena no kursi gw no 11, Camera Mode ON !!!

Continue reading “Curhat Mudik (2): Dicuekin Artika …”

Curhat Mudik

Mudik,..  sebentar lagi lebaran. Waktu dimana semua orang pengin berkumpul dengan orang-orang yang dikasihi. Beda dengan kebanyakan orang, mudik berarti pulang kampung. Tapi saya beda, mudik berarti harus pergi meninggalkan kampung, menuju tempat orang-orang yang saya kasihi. Sedikit meninggalkan tugas kantor? Jelas,..  tapi itu bukan kesengajaan. Saya juga tidak pengin untuk begitu, tapi keadaan yang akhirnya menjadi kondisi batas.

Barusan ditelpon ama Sri Wijaya Air, penerbangan Solo-Jakarta besok yang pada mulanya terjadwal jam 12.25 siang dimajukan menjadi jam 7 pagi. Kebayang nggak sih,..  itu artinya besok saya harus telantar menunggu pesawat jam 4 sore (Mandala) …  Puff,…  mo ngapain coba! Seharian penuh di Soekarno Hatta. Moga aja udah bisa langsung cek in … jadi bisa nunggu di dalem. Doain ya …  SELAMAT.

Karena saya liburnya maju, jadi berangkat mudik lom dapet THR apa-apa. Iya, lah ..  kan belum pada keluar. Namun demikian, banyak nikmat yang saya terima dalam bulan puasa ini. Dua kali tarik Paypal, lumayan bisa buat lunasi kurangan beli Laptop ke bos lilo. Bisa buat belanja lebaran dsb. Dan kebetulan juga, pencairan cek google adsense bulan lalu juga udah beres. Lumayan, buat nglunasin hutang bayar tanah di Jl.Pleret Raya – Sumber. Dan kebetulan sekali juga, tadi pagi-pagi di-sms kalo sertifikat udah selesai.

Alhamdulillah,..  semua utang udah kebayar. Nabung lagi !  😀

Continue reading “Curhat Mudik”

Tim Robot “Jump-Be” (PENS ITS) Juara Ketiga Dunia

I have no idea today. Copy paste aja,.. ada berita bagus, semoga bisa menjadi semangat untuk kita semua.

Tim robot “Jump-Be” dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) akhirnya menjadi juara ketiga dalam kontes robot Asia Pacific Broadcast Union (ABU) Robocon 2008 di Pune, India 31 Agustus 2008.
Pembantu Dekan III PENS-ITS, Tri Budi Santoso ST MT, yang mendampingi tim delegasi Indonesia melaporkan dari India, Senin, bahwa tim “Jump-Be” hanya mampu bertahan di semifinal setelah melalui perjuangan cukup panjang.

“Tim ‘Jump-Be’ harus puas sebagai ‘runner up’ ke dua bersama tim robot dari Toyohashi Jepang, sedangkan juara dunia diraih tim robot dari Xi`an Jiao Tong University, China,” katanya.

Di pertandingan awal, tim “Jump-Be” sempat mengungguli tim Korea dengan skor 34-7, sedangkan di pertandingan kedua juga menang melawan Srilanka dengan skor 48-minus tiga (-3) melalui GOVINDA (sempurna).

“Hasil sempurna melalui white butter dan yellow butter yang terangkat sempurna itu diperoleh dengan waktu tercepat, yaitu 26 detik, bahkan hasil itu lebih cepat dua detik dari waktu GOVINDA tim robot China (juara dunia),” katanya.

Continue reading “Tim Robot “Jump-Be” (PENS ITS) Juara Ketiga Dunia”

Pabelan Belajar Ngeblog

Hari ini insyaa Alloh temen-temen dosen JPTK akan belajar ngeblog bareng-bareng. Sekalian perkenalan layanan bloging staff.fkip.uns.ac.id versi beta.

Kalo mengenai gimana ngeblog, silakan download aja modul Pak Rosihan Arie di sini.

Yang jauh lebih penting, presentasi pumping power mengenai HAL HAL MENGAPA DOSEN PERLU NGEBLOG ini juga sangat penting untuk kita ketahui bareng-bareng. Insyaa Alloh nanti juga akan kita diskusikan di blog ini satu per satu!

Ganbatte !!!

UPDATE:

Acara tersebut bisa dibilang cukup sukses. Laporan bisa dilihat di blog Bos Lilo. Hari ini capek banget,..  nggak sempat nulis …  hehe ! Thanks buat attensi rekan-rekan semua!

Kenapa Dosen Harus Ngeblog!

blog dosenOK,..  Bismillah!  Memenuhi janji saya untuk sedikit menyampaikan pandangan saya mengenai buat apa blog bagi seorang dosen, maka mari kita sedikit demi sedikit mendiskusikannya. Mohon dicatat bahwa ini hanya sebuah pandangan saya secara pribadi dan sama sekali tidak mengandung kebenaran mutlak!

Saya sepedapat dengan pandangan Mas Romi, di comment ini, dan itu yang saya tangkap ketika mendengarkan seminar beliau di Puskom beberapa waktu lalu. Mari kita renungkan, dan kalo menurut anda sekalian ini bagus, kenapa tidak kita ambil pelajaran. Paling tidak ini adalah pandangan brilliant dalam memaknai sebuah blog bagi dosen:

  1. Personal Branding,
  2. Soft Marketing,
  3. Mengenalkan Core Kompetensi Kepada Publik,
  4. Memberikan Pencerahan Pemikiran Kepada Masyarakat.

Point 1 s.d 3, intinya sama. Yaitu personal branding, yaitu pembentukan citra diri. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan core kemampuan dosen ybs. kepada publik. Tujuannya apa? Menjual diri, menjual profesionalitas. Ketika kita sidah bisa menanamkan kepada masyarakat bahwa kita adalah ahli dalam suatu bidang, maka dengan sendirinya jika memerlukan tenaga ahli pada bidang tersebut maka dosen itu yang akan dipercaya untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Continue reading “Kenapa Dosen Harus Ngeblog!”

SEO Kampus !

Seneng,.. akhirnya banyak temen bloger di UNS ini. Terima kasih buat temen-temen yang sudah silaturahmi kemari, membaca dan meninggalkan komentar di sini. Dengan adanya global dashboard staff.uns.ac.id, memang akan sangat membantu publikasi blog kita, karena setiap ada postingan baru pasti nanti nama blog kita akan muncul di situ. Dan tentunya akan diikuti dengan dibukanya web kita oleh pengunjung.

Sebelum ini, saya hanya mengenal beberapa gelintir orang saja yang bisa saya kenali sebagai bloger asal UNS. Mas Arief salah satunya, meskipun sudah dengan status alumni. Dia juga kadang masih datang silaturahmi ke sini. Selebihnya, saya hanya kenal beberapa gelintir blog mahasiswa UNS seperti Wahyu, Joko, Kazemaru (nggak tahu dimana sekarang?). Rekan dosen kedokteran Pak Tonang, dulu juga aktif sekali ngeblog dengan domain pribadinya, sekarang nggak tahu blognya ada dimana. Soalnya domainnya yang dulu hilang karena tidak sempat ngurus waktu menyelesaikan studi.

Dengan adanya layanan blog gratis di staff.uns.ac.id dan staff.fkip.uns.ac.id, saya yakin jumlah halaman yang ada di dalam domain uns.ac.id akan semakin buanyak. So what ???

Continue reading “SEO Kampus !”

Free Blogging Service untuk Dosen dan Mahasiswa FKIP, Soft Launching!

Berkali-kali bolak dan balik ICT Center FKIP dan Puskom UNS PP (Pulang-Pergi) guna konsultasi dengan sang master pengelolaan server Mas Tungg dan master WP MU, Mas Wa2n, akhirnya instalasi WP MU di FKIP yang rancangannya agak-agak ruwet itu pun akhirnya selesai. Mas ATriH yang awalnya mengejar-ngejar saya untuk segera menyelesaikan kerjaan itu gantian saya kejar-kejar supaya kerjaan dia segera diberes juga!  😀  Hehe,..  kok jadi main kejar-kejaran!

Selesai acara traktiran Bebek Goreng di tempat Pak Ndut Kartosuro, sekaligus buat buka puasa bareng, instalasi itu pun segera diselesaikan dengan memasukkan plugin dan template yang emang sudah saya persiapkan dari awal. Dan dengan segala keterbatasan yang memang masih harus diperbaiki, layanan blogging untuk Staff FKIP UNS pun di-launching. Yah,..  namanya masih peengembangan saya sebut saja Versi Beta!

Continue reading “Free Blogging Service untuk Dosen dan Mahasiswa FKIP, Soft Launching!”

Blogger UNS, Hati-Hati dengan Spam Comment!

Luar biasa, …  saya melihat antusiasme kawan-kawan UNS’ers untuk mempergunakan layanan free blogging UNS sungguh luar biasa. Paling tidak, itu terlihat dari banyaknya para pendaftar baru yang bisa dilihat di halaman depan blog staff UNS. Memang, masih banyak blog-blog yang nampak hanya sebagai rumah suwong, namun banyak juga blog yang kaya ilmu seperti blog pak tunggul, mas wawan, pak tanto, dsb. Dan yang baru saja lahir dan saya yakin bakalan menjadi blog yg rame, mas kurnia. Sementara blog saya, meskipun banyak postingan, ternyata penuh dengan tulisan nggak penting tanpa muatan.

Rekan-rekan sekalian, seiring dengan ramainya blog UNS yang kita cintai ini, maka akan semakin tinggi daya tawar kita. Bukan meningkatnya kredibilitas, tetap dari tinjauan internet marketing maka kita akan mempunyai potensi yg sangat besar. Apakah itu?

  1. Domain .ac.id, domain pendidikan. Domain pendidikan merupakan domain yg mendapat prioritas search engine dalam pemberian PR (page rank). Domain pendidikan (termasuk di dalamnya .ac, .edu) mempunyai kredibilitas yg besar dalam SE (search engine).
  2. Format Blog, dimana setiap pengunjung bebas memberikan komentar dengan mengisikan form URL. URL ini akan hidup dan memberikan link back kepada URL pemberi comment. Nah, ini yang menjadi incaran banyak orang, terutama para netter/blogger yang berorientasi bisnis. Mengapa? mereka berharap akan mendapatkan link back yang berkualitas sehingga akan mendongkrak PR mereka.

Sebagai contoh, berikut ini adalah sejumlah comment yang ditinggalkan di admin panel saya: Continue reading “Blogger UNS, Hati-Hati dengan Spam Comment!”