Mengenali Karakter Audiens Kita

Menyampaikan sebuah materi kepada banyak orang, baik itu di kelas, seminar, rapat, dan sebagainya membutuhkan ketrampilan tersendiri. Kita sebagai dosen (guru) dituntut lebih dari itu, selain harus menguasai materi dituntut jg juga harus mempunyai kemampuan verbal yang baik sehingga dapat menyampikan informasi dengan baik kepada siswa.

Salah satu kompetensi guru, adalah harus bisa melakukan usaha untuk memperbaiki keberhasilan pembelajaran. Untuk bisa melakukan itu, maka hal yang paling penting adalah mengidentifikasi persoalan. Nah, dalam komik berikut ini membantu kita mengenali permasalahan yang mungkin timbul oleh audiens.

Continue reading “Mengenali Karakter Audiens Kita”

Persiapan Ujian Akhir MEH

Well,..  jadual kegiatan akademik dua minggu lalu memang kacau. Bukan cuma karena banyaknya hari libur yang membuat kacau jadual perkuliahan, tapi juga kesibukan dengan sertifikasi guru yang membuat saya harus terkapar di malam tahun baru. Kondisi batas bertambah satu lagi manakala keluarga dah nggak bisa disemayani, saya harus cabut dulu. Anak-anak dah mulai males ngangkat telpon, mamanya juga ngambek melulu …

OK,..  sepertinya hari ini saya nggak akan selesai koreksi tugas MEH yang dikumpukan minggu lalu. Padahal rencananya tugas itu sudah dibagikan sebelum ujian akhir. Tapi karena sy musti cabut besok, akhirnya oreksbi belum selesai. Namun, jangan khawatir …  saya boleh pergi, kalender akademik boleh bilang kuliah udah sesesai, tapi sebagai guru yang baik saya akan bertanggung jawab. Berikut ini saya berikan koreksi dengan kesalahan-kesalahan yang hampir terjadi pada setiap pekerjaan mahasiswa.

Continue reading “Persiapan Ujian Akhir MEH”

Tugas Akhir CAD I

Sehubungan ujian kedua kemarin nilainya banyak yang ancur-ancuran …  maka berikut ini saya berikan tugas akhir. Nilai tugas akhir berfungsi untuk menggantikan nilai ujian akhir. Tidak ada lagi ujian remidi setelah ini. Pengumuman bisa dilihat di papan pengumuman Prodi PTM atu silakan download di link berikut ini …

DOWNLOAD PENGUMUMAN TUGAS CAD I

Jangan telat ngumpulnya ya ..

Terkapar di Tahun Baru!

Pagi ini,…  saya bangun jam 04.30. Dah habis Subuh! Tahu jam berapa saya pergi tidur?  ..  tepatnya, saya ketiduran …  sajadah yang saya pergunakan untuk Sholat Maghrib masih terhampar. Yah,..  semalam saya tewas terkapar,… ketiduran setelah saya sembahyang Maghrib.

Pulang dari acara wisuda/peneyerahan sertifikat guru profesional, hujan-hujan jam 17.30. Koneksi internet mati,…  Setelah mandi,.. dan ngapain-ngapain sebentar,…  sholat maghrib, dan ..  ya sudah …  kebangun udah waktu Shubuh!  Terpaksa sekali saya kerjakan Sholat Isya di waktu Shubuh …  Astaghfirullooohhh !!!  Motor masih tertinggal di teras rumah,..  belum dimasukkan,..  masih dikudungi jas hujan yg saya pakai kemarin sore. Nasi dos yg saya bawa dari acara wisudaan,.. terlanjur basi belum dibuka dari kantong kreseknya …  Oh maaakkk ..!  Begitu rupanya klimaks keikutsertaan saya dalam panitian sertifikasi guru rayon 13 UNS.

Itu adalah sepenggal kisah,.. dibalik hingar bingar sertifikasi guru dan PLPG,…  OK  akan saya lanjutkan …

Continue reading “Terkapar di Tahun Baru!”