Project Based Learning pada Mata Kuliah CAD II

Ini adalah tahun kedua saya menerapkan pembelajaran berbasis projek (project based learning / PBL) pada mata kuliah CAD II. Sebenarnya tidak 100% PBL, mungkin lebih tepatnya disebut dengan composite learnig, sampai dengan tengah semester, perkuliahan berjalan dengan sistem tutorial. Baru setelah itu kegiatan pembelajaran selanjutnya dilakukan berbasis projek.

Selama dilakukannya PBL, mahasiswa dikelompokkan dalam 2 orang dan diwajibkan mengajukan proposal projek. Setelah di acc, barulah projek itu menjadi kesepakatan tugas untuk kelompok yang bersangkutan. Setiap jadual perkuliahan, tidak selalu ada perkuliahan (yg dalam hal ini berbentuk turoring), akan tetapi lebih banyak diskusi mengenai perkembangan projek dan kesulitan-kesulitan yang ditemui mahasiswa. Bahkan seringkali kami tidak masuk ke lab komputer, dimana tempat bisa berdiskusi, tidak menjadi soal dan kami ngumpul disitu. Bahkan ketika saya terpaksa berhalangan karena tugas fakultatif lain, perkembangan projek dapat disampaikan melalui email.

Hari ini, sudah ada satu kelompok yang submit projeknya. Dan tentunya ini sebuah kemajuan belajar. Ketrampilan dasar yang disampaikan dalam perkuliahan tutorial, dengan sendirinya terasah oleh semangat mahasiswa untuk mengerjakan projeknya. Di sini lah saya merasa berhasil, dan ini adalah suatu kepuasan buat saya … p guru 😀

Terima kasih untuk Habibi dan Nadhori yang sudah submit tugasnya … it’s very nice guys .. !

Pedal Parts

Continue reading “Project Based Learning pada Mata Kuliah CAD II”