Mengatasi Spam Comment Tanpa Akismet

OK, dech ..  lupakan saja Akismet, plugin WP yang biasanya sangat manjur untuk mengatasi spam comment. Nuwun sewu kepada Mas Admin, kemarin saya ngeping supaya ada anti spam plugin. Saya udah dikasih tahu Pak Rosi, katanya pernah ngobrol dengan Mas Wawan kalo sebenarnya udah pernah dicoba diinstall Akismet, tapi tidak working properly. Maklum, soalnya saya juga menemui kasus yang sama di salah satu web saya yang menggunakan WP MU juga.

Well,..  jadi kita harus berusaha memaksimalkan fitur di wordpress untuk mengatasi hal ini. Dan dalam dua hari ini, sepertinya lumayan manjur …  caranya begini :

  1. Masuk ke panel administrator, pilih menu Setting !
  2. Pilih submenu Discussion !
  3. Centang pada bagian “Anyone posts a comment” supaya semua orang bisa ngasih comment!
  4. UnCentang pada bagian “A comment is held for moderation” supaya semua comment bisa langsung tampil tanpa kita moderasi!  Loh kok malah dibiarin ???  Lanjut …
  5. Pada bagian “Comment Moderation” masukkan angka satu (1) sehingga menjadi : Hold a comment in the queue if it contains or more links. dst ..   ARTINYA : Begitu dalam comment terdapat satu saja link hidup, maka comment tersebut akan diblokir dari penampakan, sehingga harus dimoderasi dulu.
  6. Pada bagian “Comment Black List”  masukkan kata-kata yang menjadi sirikan ada dalam komentar …  ini bisa dilihat dari spam-spam sebelumnya ..  saya sendiri memasukkan kata-kata ini, tujuannya supaya comment dengan kata-kata ini tidak bisa masuk :
viagra
cialis
anjing
mycyberway.com
tickle
xanac
tramadol
flixster
ambien
levitra
john
pussy
ringtone
games
fuck
girls

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*