Praktek Konstruksi (1)

praktek konstruksiPraktek Konsruksi, mata praktek dengan beban 2 SKS yang diajarkan pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS. Pada mata praktek ini, mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang masing-masing kelompok mendapat tugas untuk menyelesaikan sebuah perkerjaan, yaitu menghasilkan sebuah produk yang inovatif dan berdaya guna.

Karena mata praktek ini berada pada semester 7 seringkali mata praktek ini harus menjadi ‘korban’ praktek-praktek lain, dan terutama sekali adalanya PKL sehingga jadwal kegiatan mahasiswa menjadi sangat terikat dengan kegiatan mereka di SMK tempat mereka melaksanakan PKL. Selama bertahun-tahun, praktek konstruksi akhirnya menjadi korban, terbengkalai hingga semester berakhir, baru mahasiswa membuat produk (yg disepakati bersama dosen), sedangkan nilai (karena sudah ganti semester) dimasukkan dengan menggunakan kartu kuning. Padahal kalo dua kali kartu kuning sekarang langsung kartu merah lho .. !  😀

OK,… sekedar ngudoroso saja. Apakah ini yang seharusnya ada dalam sebuah mata praktek dengan judul PRAKTEK KONSTRUKSI? Mari kita renungkan pelan-pelan,…  tentunya kita tidak ingin sebuah mata kuliah dilaksanakan hanya dengan bergulir begitu saja. Kita pasti selalu berpikir, kompetensi apa yang akan diperoleh mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini? Pengetahuan apa yang seharusnya dipunyai oleh mahasiswa.

Continue reading “Praktek Konstruksi (1)”

Happy Bloggers Day …

Hari ini adalah peringatan tahun pertama Hari Blogger Nasional. Setahun yang lalu,…  tepat tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informasi Muhammad Nuh menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai hari blogger Nasional. Dan hari ini,.. adalah peringatan pertama Hari Blogger tersebut.

Semoga kita bisa menjadi bloger yang dewasa dan bertanggung jawab !

Majulah Indonesiaku .. !!!!

TEMPO Magazine, Thanks to Cite Me!

Emhh..  kali ini saya pengin ‘copas‘ alias copy-paste ngga papa ya. Selain artikel ini menarik, ada yang lebih menarik buat saya khususnya. Kenapa?  Karena nama saya disebut-sebut …  deuuuu !!! 😀

Ceritanya begini, sekitar seminggu lalu, saya mendapat SMS dari seseorang yang mamanya Yandi, wartawan Tempo. Dia minta telp saya untuk sekedar wawancara kecil mengenai software Office gratisan dari IBM yang benama Lotus Symhony. Rupanya Maz Yandi ini sudah melakukan research kecil-kecilan mengenai pengguna Lotus Symphony di Indonesia. Ketemulah dia dengan sebuah artikel saya di blog lama saya yang menceritakan pengalaman saya mencoba menggunakan software tersebut. Dan akhirnya, saya pun menerima telp-nya setelah saya mencari tempat yang agak sepi (karena waktu itu saya ada di tempat orang kondangan). Nah,..  makanya, kalo rekan-rekan ada yang membeli Majalah TEMPO hari ini, pasti akan temen-temen temui artikel ini.

Continue reading “TEMPO Magazine, Thanks to Cite Me!”

Workshop Pengembangan Kompetensi Guru di Hotel Ryadi Palace Hotel

Singkat saja, ini adalah postingan life from Riyadi Palaca Hotel.

Saat ini, Prodi PTB sedang melaksanakan workshop pengembangan kompetensi guru di Hotel Riyadi – Solo. Salut untuk PTB, terumata untuk OC yang completely mahasiswa PTB.

Image taken using Sony Ericsson G02. Posted via Telkomflash!

E-Learning dan Webmail, 2 Layanan Baru ICT Center FKIP UNS

ICT for EducationSetelah lounching 2 layanan bloging untuk dosen dan mahasiswa, ICT Center FKIP UNS kembali berbenah. Layanan blogingnya sendiri masih dalam development, maklum harus disambi dengan banyak macam pekerjaan. Kini ICT Center FKIP kembali mereleas dua layanan baru, yaitu E-Learning dan Webmail.

Layanan E-Learning FKIP UNS menggunakan Moodle LMS dan dapat diakses pada subdomain http://semar.fkip.uns.ac.id. Sedangkan untuk layanan webmail, dicantolkan pada layanan Google. Oleh karena itu, interface dan fitur-fitur yang ada sama persis dengan Gmail akan tetapi alamat email-nya itu sendiri tetap dalam bentuk nama@fkip.uns.ac.id. Layanan seperti ini diberikan gratis oleh Google sampai dengan 10.000 account (untuk pendidikan). Layanan webmail dapat diakses di http://mail.fkip.uns.ac.id.

Minta doa rekan-rekan sekalian, project selanjutnya adalah pembenahan web prodi yang selalu saja menjadi masalah selama ini, terutama dalam hal maintenance. Direncanakan bahwa sebagai admin web prodi akan melinatkan mahasiswa. Oleh karena itu, bagi mahasiswa FKIP yang hobby dengan internet, mau bekerja suka rela untuk almamater, silakan kontak ICT Center FKIP UNS di lantai 2. Ingat, kami bukan kalangan eksklusif. Jadi jangan sungkan-sungkan untuk ‘berdekat-dekat’ dengan kami. Justru kami sangat perlu partner dalam membangun dunia IT di FKIP UNS.

Film Laskar Pelangi: Movie, Soundtrack, and Trailer

Film Laskar Pelangi, diangkat dari sebuah novel best seller karya Andrea Hirata. Gw sih belum nonton filmnya, tapi udah baca bukunya (pdf,…  dpt dr mhsw,…  :D). Tapi swear,..  emang top banget tuh kalo difilmkan,.. menyentuh,.. tuh …  tuh .. !

[youtube fFZVM8EDbKA nolink]

Next,..  lihat soundtracknya ..

Continue reading “Film Laskar Pelangi: Movie, Soundtrack, and Trailer”

Cuapek!

Cuapek! Cuma itu mungkin yang pengin saya sampaikan. Mudik lebaran yang mau tak mau harus off dari segala kerjaan membuat pikiran ini agak buntu. Buntu banget malah, sampe bingung mana dulu yang harus dikerjakan. Tumpukan kerjaan kantor, membuat beberapa hari ini bener-bener nggak bisa istirahat. Hampir seluruh waktu melek buat mikir deadline laporan penelitian yang musti udah kelar hari ini. Sayang, dua hari ini belum bisa ketemu Pak Dekan dan PDI sehingga terpaksa urusan belum bisa tuntas, besok masih harus ngurus pengesahan dan menyerahkan laporan ke LPPM.

Termasuk hari ini, meski pikiran uudah agak longgar, tapi jadual kegiatan yang padat tadi emang membuat capek abizz. Ngajar S1 pagi,… lari ke fakultas,..  nggak ketemu Pak PDI,..  (untung masih ketemu Mbak Heppy ama Mbak Apip 😀  ), Ngacir ke LPPM buat presentasi lap penelitian. Lom selesai Boz Hartono telp kalo sore ini musti lembur karena ada hal urgen yang mmusti di lembur. It’s OK. Untungnya pikiran udah longgar …  😀

Artikel ini gw tulis dari sekre Sertif.

Psssttt… kerja dulu ya …!   Bye!

Curhat Mudik 3: Bagasi Kececer oleh Lion Air

Mencari tiket pulang mudik emang susah, semua penerbangan menuju Jakarta pasca lebaran memang akan seperti itu sepertinya. Bukan cuma susah dapetnya, tapi harganya pun melambung. Untung penerbangan meninggalkan Jakarta ke Solo sangat murah, dan sepertinya mayoritas penerbangan ke luar Jakarta pasca lebaran memang begitu. Dan seperti biasanya, saya paling suka pesen tiket yang bisa dengan mudah dibooking online, bayar dengan ATM BNI. Lion Air …   Btw, bukan karena saya ngebet dengan Lion Air, tapi cuma itu penerbangan dari Bangka yang saya bisa booking dengan mudah.

Transit di Jakarta, melanjutkan penerbangan ke Solo dengan cukup ontime, nggak molor-molor banget. Sempat merasa nggak nyaman karena pesawatnya jenis MD. Nggak tahu kenapa saya kok kurang merasa nyaman dengan MD. Tapi ternyata MD90 tadi cukup enak. Cuma, pas mo turun sempet dagdigdug karena pas hujan dan awan pekat sekali. Tapi alhamdulillah,..  selamat!

Continue reading “Curhat Mudik 3: Bagasi Kececer oleh Lion Air”